Menggapai Mimpi Dengan Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital



“Dari dulu ngeblog terus, emang nggak bosen?”

“Emang apasih untungnya jadi Blogger tuh?”
“Dapet duit berapa sih dari nge-blog?”
Beberapa pertanyaan di atas sering dilontarkan orang-orang di sekitar saya, mulai dari keluarga, teman, bahkan mantan pacar sekalipun. Apalagi dulu ketika saya masih awal-awal nulis di Blog hampir setiap hari saya ditanya seperti itu.

Ya, sudah lebih dari 5 tahun yang lalu saya mulai menekuni hobi saya sebagai seorang Blogger. Namun saya tidak menyerah begitu saja. Saya menikmati setiap proses yang awalnya belum bisa nulis, sampai  akhirnya sekarang alhamdulillah skill nulis saya semakin berkembang dan membaik. Walaupun sampai saat ini tidak jarang masih banyak orang terdekat saya yang meragukan apa yang saya dapatkan sebagai seorang Blogger

Mengawali suatu hal memang tidak mudah, apalagi banyak yang meragukan apa yang sudah saya tekuni selama hampir 5 tahun lebih ini. Walaupun begitu, saya selalu menumbuhkan semangat pantang menyerah dan tidak pernah lelah untuk terus belajar pada diri saya. Dan itulah yang saya sebut sebagai passion atau panggilan hati. 

Berawal Dari Hobi Curhat Sampai Hobi Traveling

Salah satu spot foto di Kota Tua Semarang

Dulu sebelum saya konsisten dengan niche Travel Blog seperti sekarang ini, saya lebih banyak menuliskan curhatan-curhatan kisah cinta dan romansa masa remaja yang akan beranjak dewasa. Sampai akhirnya saya geli sendiri membaca tulisan-tulisan lama saya, dan akhirnya saya memutuskan untuk beralih ke tema atau niche blog Travel.

Timeline nge-blog

Tapi saya anggap curhatan dan keluh kesah saya di masa lalu adalah sebuah proses, acuan, dan pengasah skill menulis saya. Hingga akhirnya di awal tahun 2014 saya memutuskan untuk fokus menulis di tema Travel saja.

Berawal dari menulis blog hingga akhirnya saya menekuni dunia fotografi

Di tahun 2014 pula saya mulai suka dan menekuni seni fotografi. Hanya dengan berbekal kamera digital pemberian orang tua, saya selalu semangat untuk membuat konten traveling. Otomatis kecintaan saya terhadap traveling semakin bertambah. Hingga berlanjut sampai sekarang.

Bermanfaat dan Membantu Banyak Orang

Berkat ngeblog, saya bisa jadi dapet banyak teman baru ketika traveling ke Bromo tahun lalu

Saya lumayan sering dapet e-mail dan DM dari beberapa orang yang tidak saya kenal. Mereka menanyakan tentang beberapa tempat yang pernah saya tuliskan di Blog. Dari situ saya mulai sadar, ternyata dari apa yang saya tulis di Blog ini sedikit banyak bisa bermanfaat dan membantu orang lain ketika mencari referensi tempat liburan dan tempat wisata.

Dapat e-mail dari salah satu pembaca. Bahagia itu sederhana, bisa bantu jawab aja udah seneng
Ditambah lagi, di era digital seperti sekarang tentu sebagian besar orang selalu mencari informasi-informasi tempat wisata dan destinasi liburan lewat internet. Maka dari itu, saya selalu senang jika ada pembaca yang nggak sengaja mampir ke Blog ini, kemudian sekadar meninggalkan komentar, atau bahkan sampai menghubungi saya via DM. Karena dari situ saya jadi tahu jika dari apa yang saya tuliskan tidak sia-sia dan bermanfaat untuk mereka.

Mimpi Traveling Gratis ke Tempat Baru pun Tercapai

Foto ini menjadi bukti bagi saya ketika menginjakkan kaki pertama kali di Pulau Sumatera

Bisa dibilang, tahun 2018 adalah tahun-tahun  penuh kebahagiaan bagi saya. Di mana di tahun tersebut, hampir setiap bulan saya bisa mengunjungi berbagai Kota dan tempat wisata yang tidak pernah saya kunjungi sebelumnya. Merasakan rasanya solo-traveling alias traveling sendirian ke Kota yang belum pernah saya datangi, merasakan naik pesawat untuk pertama kalinya, dan traveling ke luar Pulau Jawa.

Ujung timur Pulau Jawa dari atas pesawat rute DPS – SUB

Bersyukur, di tahun 2018 saya bisa mendapatkan beberapa kesempatan tersebut. Salah satu momen traveling saya yang paling berkesan di tahun 2018 adalah saat saya traveling ke Pulau Pahawang, Lampung. Beruntung, mungkin itulah istilah yang mungkin melekat pada diri saya di tahun kemarin. Di mana saya mendapatkan momen traveling ke Pulau Pahawang Lampung berkat memenangkan suatu kompetisi Blog. Semua fasilitas dan biaya perjalanan ke Lampung pun GRATIS, dan malahan saya dikasih uang saku dari pihak penyelenggara lomba.

It was a great moment to be here!
Alhamdulillah, momen itu pula juga jadi momen pertama saya naik pesawat untuk pertama kalinya. Mungkin terdengar norak, di mana selama 22 tahun saya hidup baru pertama kali itu saya merasakan rasanya naik pesawat. Dan di momen itu pula akhirnya saya bisa menginjakkan kaki di Pulau Sumatera untuk pertama kalinya.

Mendapatkan Tawaran Pekerjaan & Endorsement

Berkat ngeblog saya jadi punya skill yang mumpuni dan diterima bekerja di suatu media mainstream di Malang
Berkat konsisten ngeblog, saya juga sering mendapatkan tawaran pekerjaan, content placement, maupun endorsement. Bisa dibilang Blog adalah CV digital yang kita miliki. Dengan begitu, kita bisa berkarya dan berkreasi sesuai dengan skill dan passion kita. Siapa bilang dengan menjadi seorang Blogger tidak bisa menghasilkan apa-apa? Justru saya bisa menghasilkan “sesuatu” dari hobi dan passion yang saya tekuni sebagai seorang Blogger.

Bangga Menjadi Seorang Blogger Pada Era Digital

Semua sekarang serba digital, that’s why saya pun dituntut untuk selalu kreatif

Dulu saya memang diremehkan, bahkan tidak jarang saya dianggap kurang kerjaan dan buang-buang waktu karena sibuk nulis dan ngeblog yang katanya nggak jelas. Tapi sekarang saya semakin bangga menjadi seorang Blogger. Karena saya bisa membuktikan bahwa saya bisa konsisten sampai sekarang, bisa menghasilkan sesuatu dari Blog, seperti traveling gratis, kemudian dari Blog ini juga bisa bermanfaat untuk banyak orang, dan atau bahkan bisa menginspirasi banyak orang.

Berkat nge-blog saya pun bisa staycation gratis di hotel mewah

Apalagi di era digital seperti sekarang, semua jenis pekerjaan dituntut untuk bisa berinovasi dan berfikir kreatif. Dan dengan menjadi seorang Blogger, saya bisa terus belajar untuk selalu berinovasi dan berkreasi dengan membuat konten-konten kreatif.

Itulah beberapa keuntungan yang saya rasakan selama menjadi seorang narablog atau blogger. Tidak mudah memang untuk menjadi seorang Blogger. Namun dengan terbukanya banyak peluang di era digital seperti sekarang, menjadi seorang Blogger adalah sebuah profesi yang bisa dibilang harus ‘serba bisa’.

Apa Resolusi di Tahun 2019?

Resolusi 2019

Berkaca dari apa yang sudah saya raih di tahun 2018, saya tidak boleh berpuas diri dengan apa yang sudah saya raih. Karena masih banyak prestasi-prestasi dan karya tulisan lain yang ingin saya raih dan buat. Dan tentunya hal tersebut membuat saya sangat terbosesi untuk membuat sebuah Resolusi di Tahun 2019. 

Beberapa di antaranya adalah Traveling ke luar negeri, tetap konsisten menulis Blog dan membuat konten-konten video di Youtube. Harapannya saya juga tidak akan pernah puas untuk selalu berkarya dalam membuat konten-konten kreatif di tahun 2019 ini. Dan tidak lupa juga saya harus selalu menyelipkan doa di setiap ibadah dan aktifitas yang saya lakukan, agar apa yang saya harapkan terwujud dan berkah di hadapan-Nya.

Dan kalau saya ditanya apakah saya bangga menjadi seorang Blogger?
Dengan lantang saya katakan, tentu saja SAYA BANGGA!

Join the Conversation

9 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *