Bubur Ayam Abah Odil, Bubur Ayam Tasikmalaya Pertama di Kota Malang

Menyandang julukan kota terbesar kedua di Jawa Timur, Kota Malang juga pastinya punya banyak sekali beragam sajian kuliner nusantara. Nggak cuman kuliner yang asli Malang saja, kuliner yang berasal dari luar kota Malang pun juga banyak ditemukan.


Salah satunya adalah Bubur Ayam Abah Odil. Buryam Abah Odil adalah bubur ayam khas Tasikmalaya yang pertama kali ada di Malang lho. Abah Odil, begitu panggilan akrabnya merupakan sosok yang ada dibalik Bubur Ayam khas Tasikmalaya ini.
Beberapa hari yang lalu, saya dan teman-teman Blogger Malang dapet kesempatan buat icip-icip di Bubur Ayam Abah Odil. Dan ternyata ekspetasi saya tentang bubur ayam yang bakal gitu-gitu aja ternyata salah. Bubur Ayam Abah Odil ini punya cita rasa khas Bubur Ayam Tasikmalaya. Di mana berbeda dengan Bubur Ayam Jakarta yang biasa saya makan, buryam Tasikmalaya ini lebih gurih dan asin. Dan nggak pake kaldu berwarna kuning yang biasanya ada di Bubur Ayam Jakarta.
Buburnya putih bening tapi tetap gurih dan asin. Rasa asin gurihnya ini pas dengan lidah orang Malang yang cenderung suka masakan yang asin namun tidak berlebih. Nah, karena Bubur Ayam Abah Odil ini udah ada sejak 2004, makanya cita rasanya sudah beradaptasi dan cocok sama lidah orang Malang seperti saya.
Belajar Dari Kegigihan Abah Odil
Abah Odil (tengah baju putih) bareng Blogger Malang

Selain rasanya yang pas, ternyata ada sebuah kisah inspiratif yang dapat saya ambil dari perjuangan Abah Odil dalam mendirikan usaha warung makannya ini. Abah Odil dulunya adalah sebuah karyawan di sebuah pabrik tekstil dan punya jabatan yang bisa dibilang bagus pada masanya. Namun, beliau merasa resah karena setiap harinya waktu beliau tersita hanya untuk bekerja saja. Nah, sejak saat itu Abah Odil memberanikan diri untuk resign dari pekerjaannya dan mendirikan usaha demi usaha.

Sampai akhirnya pada tahun 2004 beliau berjualan bubur ayam khas Tasikmalaya di sebuah gerobak bakso dan menjualnya di sekitar jalan Soekarno – Hatta Malang. Dua tahun setelahnya beliau akhirnya bisa membuka kios pertama dan tidak lagi berjualan di gerobak. Sampai akhirnya tahun 2018 sudah memiliki 9 cabang warung Bubur Ayam. Such an inspiring story.
Rasa Bubur Ayam yang Sudah Beradaptasi
Bubur Ayam Spesial yang lebih nikmat diicip polosan tanpa kecap

Bubur Ayam Tasikmalaya pada umumnya memang bercita rasa asin, namun karena lidah orang Malang dan Jawa Timur tidak terlalu bisa mentolerir rasa asin dari rasa bubur Tasik yang asli, akhirnya Abah Odil dan menantunya berinovasi kembali untuk membuat rasa bubur ayam khas Tasikmalaya dengan rasa asin dan gurih sesuai dengan lidah orang Malang. That’s why waktu saya icip-icip ke sini saya disarankan untuk mencoba rasa bubur tanpa campuran kecap atau sambal terlebih dulu. Dan benar, rasa kaldu ayam yang bercampur dengan lembutnya tekstur bubur membentuk cita rasa bubur yang berbeda dari yang pernah saya makan.

Bubur Ayam yang pakai ati, awas baper haha

Ditambah lagi dengan suwiran daging ayam yang tidak terlalu lembut sehingga meninggalkan tekstur sedikit crunchy yang berpadu dengan cita rasa bubur. FYI, bubur ayam khas Tasikmalaya ini nggak pake kacang kayak di Bubur Ayam Jakarta lho. Jadi kita lebih leluasa menikmati bubur ayam tanpa gangguan kacang. (Aslinya mah saya emang nggak terlalu kacang juga hehe)

Menu Lain yang Beragam
Nasi Kuning

Selain menyediakan berbagai menu bubur ayam, di sini kamu juga bisa memesan menu lain seperti Nasi Pecel Madiun, Nasi Uduk, Nasi Kuning, Lontong Sayur, Rawon, Bandrek, Bansus, Bajigur, dan Sate Tusuk.

Lontong Sayur

Karena istri Abah Odil adalah orang asli Madiun itulah kenapa ada menu-menu khas Jawa Timur yang udah nggak asing di kalangan orang Jawa Timur. Jadi buat yang ingin nambah lagi karena makan bubur kurang nampol (khususnya buat cowok) bisa pesan menu nasi di sini.

Nasi Uduk

Harga Menu Terjangkau
Harga Menu Bubur Ayam Abah Odil

Harga yang ditawarkan Bubur Ayam Abah Odil ini murah dan terjangkau. Dari harga Rp. 1.000,- sampai Rp. 24.000,- saja kamu sudah bisa memilih berbagai macam menu dan varian makanan yang ada di sini. Cocok juga buat mahasiswa rantau dan anak kos yang lagi pengen ngirit hehe.

Bubur Ayam Abah Odil ini buka setiap hari dari jam 6 pagi – 9 malam. Dan tersebar di 9 cabang di Kota Malang. Tinggal search aja di google maps pasti bakal muncul cabang yang paling dekat dengan lokasi kamu.
Lokasi Bubur Ayam Abah Odil 

Bubur Ayam Abah Odil
Ruko Griya Shanta Eksekutif Blok MP No. 48-49, Jalan Soekarno Hatta, Jatimulyo, Lowokwaru, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *